Minggu, 01 Juli 2012

Search Engine Paling Top dan terkenal

Search engine sebuah penemuan yang tidak dapat dipisahkan di dalam dunia maya. Bagai satu tubuh Search Engine mempunyai peran yang amat besar di dunia maya.

Sejak tahun 2000, search engine mulai melakukan berbagai perbaikan. Munculah beberapa mesin pencari baru dengan system pencarian yang mutahkir. Banyak kekurangan yang telah ditutupi oleh generasi baru search engine ini.

Ada 4 search engine yang Paling top dan terkenal serta kemampuan yang tak diragukan lagi. Berikut ini ke-4 search engine tersebut :

1. Google, siapa yang tidak mengenal “mbah Google” sebutan bagi orang Indonesia karena search engine ini terkenal handal dan tau segala hal. Google didirikan tahun 1998 oleh 2 orang mahasiswa Universita Stanford Larry dan Sergey Brin. Google memiliki beberapa fitur dan aplikasi interaktif, seperti Goolge Maps, Gmail, Google Earth, YouTube, bahkan jejaring social Google +.

Saat ini google telah mengeluarkan robot SE terbaru yang diberi nama Google Panda. Google panda sangat sensitive. Apabila robot itu merasa suatu website melakukan kecuarangan sedikit saja maka dia akan langsung mencoretnya dari indeks. Jadi hati-hati bagi Web Developper.

2. Yahoo, SE yang lenyap akan dominasinya di dunia maya setelah kedatangan “Google”. Yahoo didirikan pada tahun 1994 walau baru resmi dipublikasikan 1995.

SE ini terkenal akan E-Mail providernya yakni Yahoo Mail. Yahoo juga memiliki beberapa aplikasi yang cukup terkenal, misalnya aplikasi yang baru diluncurkan belakangan ini, seperti Yahoo Koprol.

3. Bing, sebelumnya mungkin anda pernah mengenal mesin pencari yang dipelopori oleh Microsoft Inc. Awalnya mereka menciptakan Windows Live dan MSN. Nyatanya mesin pencari ini belum mampu memuaskan usernya sehingga ditutup. Belajar dari pengalaman itu mereka membuat mesin pencari baru yang menggunakan teknologi mesin pencari sebelumnya dan mengalami banyak perkembangan, sehingga lahirlah Search Engine Bing. Bing menawarkan beberapa fitur interaktif seperti Images untuk melakukan pencarian terhadap gambar, Videos untuk melakukan pencarian terhadap video, Hotmail, dan masih banyak lagi. Walau pendatang baru, ia memiliki sense tersendiri karena berasal dari Vendor Microsoft.

4. Baidu, mungkin agak aneh di telinga. Ia merupakan search engine yang didirikan oleh sebuah perusahaan di cina tahun 2000. Sama seperti search engine lain, Baidu juga menawarkan beberapa fitur.

Baidu Baike adalah aplikasi yang hampir sama dengan Wikipedia, ensiklopedi berbasis website. Baidu juga menawarkan pencarian terhadap gambar dan video. Kantor pusat Baidu terletak di distrik Haidian, Beijing.

Seberapa handal sebuah Search Engine, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung kita sebagai user yang memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Berikut tampilan masing-masing search engine :

Google

Yahoo !


Bing


Baidu



(Sumber - Owner)

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan sedikit Jejak !

Dapatkan Update Artikel TeknologiKU Via Email
Jika anda suka dengan artikel yang ada di blog ini, silahkan untuk berlangganan artikel blog ini via email gratis. Isikan alamat email anda di bawah ini!!