Kamis, 05 Juli 2012

Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

Perbedaan Laptop Notebook dan Netbook - Pernah bertanya-tanya sebenarnya apa Perbedaan Laptop Notebook dan Netbook ? Kita memang sering memakai Laptop Notebook dan Netbook untuk kepentingan sehari-hari bahkan kita pakai sebagai alat utama dalam pekerjaan kita. Bagi seorang yang belum begitu tahu masalah teknologi apalagi bagai para orang tua pastinya sangat bingung mengenai Perbedaan Laptop Notebook dan Netbook, bahkan mereka kadang menyebut semua itu dengan nama "Leptop".

Lalu apa Perbedaan Laptop Notebook dan Netbook? Silahkan simak penjelasan perbedaan Laptop Notebook dan Netbook di bawah ini.

Berdasarkan penempatannya komputer dibagi menjadi 3 kategori, yakni desktop, laptop, dan palmtop. Untuk desktop sudah jelas kita semua paham bahwasanya di tempatkan di atas meja kerja, Laptop dengan awalan kata “lap” yang berarti pangkuan, artinya komputer yang bisa di pangku. Dan Palmtop dengan awalan kata “palm” yang berarti genggaman, artinya komputer yang bisa di genggam.

Istilah ‘notebook’ ini digunakan untuk memasarkan komputer portabel yang ukurannya lebih kecil daripada laptop. Lama kelamaan semua produsen memiliki jajaran produk yang dinamai ‘notebook’, mungkin karena pengguna pertama “laptop”, istilah tersebut tidak menjadikannya sebagai merk dagang. Pada perkembangannya, istilah “laptop”, sepertinya lebih popular di sebut dengan istilah “notebook” karena komputer ini bisa dilipat layaknya buku atau majalah. Dan “laptop” menjadi tidak relevan karena lebih banyak orang bekerja dengan laptop di taruh di atas meja daripada meletakkannya di pangkuan, kecuali kondisi yang tanpa meja.

Perbedaan Laptop Notebook dan Netbook

1. Ukuran dan berat Notebook dan Netbook

Dengan ukuran yang “hanya” 8-10 inchian dan berat yang hanya 1kg-an, membuat netbook lebih mudah dibawa. Sedangkan notebook atau laptop biasa memiliki ukuran mulai 10-17inchi. Namun memang ada netbook ukuran 14 inchi, namun sepertinya tidak cocok disebut netbook.

2. Input dan Output device Notebook dan Netbook

Netbook rata-rata hanya terdapat slot usb. Hal ini karena netbook memang didesain seringkas mungkin dan lebih content consumption. Sedangkan notebook kita bisa menemukan optical drive (CDRoom) dan slot usb.

3. Harga Notebook dan Netbook

Rata-rata netbook dibanderol harga paling murah 2 jutaan. Sedangkan notebook bisa kita dapatkan dengan harga palig tidak 4 juta untuk mendapatkan spesifikasi yang diatas stadar.

4. Performa Notebook dan Netbook

Dengan ditanamkan intel atom dalam netbook, performa netbook bisa dibilang cukup untuk berinternet dan melihat video. Namun kalau untuk edit gambar dan game, sepertinya notebook lebih cocok. Selain itu notebook lebih cocok dan pas untuk anda yang bekerja secara “maximal”.

5. Segment pengguna Notebook dan Netbook

Pengguna netbook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini untuk berinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau notebook tugasnya lebih berat lagi, dan lebih cocok untuk mereka yang menciptakan suatu konten, seperti mengedit video atau gambar.

Antara Laptop dan Notebook
Kira-kira seperti itulah Perbedaan Laptop Notebook dan Netbook, silahkan dipilih mana yang lebih anda sukai antara Laptop Notebook dan Netbook. Tentunya sesuai kebutuhan yang Anda perlukan.

( sumber - azhie.net )

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan sedikit Jejak !

Dapatkan Update Artikel TeknologiKU Via Email
Jika anda suka dengan artikel yang ada di blog ini, silahkan untuk berlangganan artikel blog ini via email gratis. Isikan alamat email anda di bawah ini!!